Sekda Kabupaten Tanggamus Tinjau Tanggul Jebol Di Way Belu

TANGGAMUS (MIN-SMSI) – Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus Lampung Hamid Heriansyah Lubis tinjau tanggul jebol yang berada di bantaran sungai Way Belu, Kecamatan Kota Agung Barat, pada Jum’at (30/9/2022).

Tanggul jebol dan tergerus air di bantaran Way Belu tersebut merupakan penyebab banjir di wilayah Dusun Pekon Kanyangan, Pekon Belu dan Pekon Banjar Masin Kecamatan Kota Agung Barat.

Pada peninjauan itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanggamus langsung menurunkan alat berat untuk melakukan normalisasi sungai Way Belu sekaligus menutup tanggul yang jebol akibat diterjang banjir.

Sekda Tanggamus, Hamid Heriansyah Lubis mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tanggamus akan menganggarkan perbaikan tanggul tersebut senilai Rp.800 juta untuk pemasanngan bronjong.

“Kita juga akan menyisihkan alat berat agar bisa stanby di wilayah Kecamatan Kota agung Barat dan ditempatkan di bagian lokasi yang rawan bencana,” katanya.

” Jika memang ada anggaran untuk bronjong itu, lanjit dia, kita berharap pemeliharaannya untuk penanaman pepohonan di pinggir tanggul oleh masyarakat sebagai upaya penahan tanah, “imbuhnya.

Atas hal itu, masyarakat yang berada di wilayah terdampak banjir akibat jebolnya tanggul di bantaran sungai Way Belu tersebut mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Tanggamus.

“Terimakasih kami ucapkan kepada Pak Sekda Hamid atas kedatangannya dan menerjunkan langsung petugas BPBD Kabupaten Tanggamus, semoga apa yang disampaikan untuk membangun bronjong segera terlaksana,” ujar salah satu warga Pekon Kanyangan. (Rudi)

Comments (0)
Add Comment