Pertama dan Satu-Satunya di Lampung, Gedung Gerai Dolpin Diresmikan Pj Bupati Tanggamus

TANGGAMUS – Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan meresmikan Gedung Gerai Dolpin (Pelayanan Nelayan dan Perikanan) yang melayani berbagai keperluan nelayan dan pelaku usaha perikanan.

Prosesi peresmian ini berlangsung di Pelabuhan Syahbandar Kota Agung, Kelurahan Pasar Madang, pada Rabu (7/8). Hingga saat ini, Gerai Dolpin ini tercatat satu-satunya di Lampung, dan ada di Kabupaten Tanggamus.

Gerai Dolpin ini dirancang untuk melayani pembuatan berbagai dokumen penting seperti kartu Kusuka, dokumen (Pas Besar/Pas Kecil), NIB, NPWP, asuransi nelayan, dan pembentukan kelompok/koperasi perikanan.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Dharma, dalam laporannya menyampaikan bahwa nelayan sering kali bingung tentang perizinan yang diperlukan untuk melaut secara sah.

“Melaut merupakan mata pencaharian utama nelayan. Oleh karena itu, diperlukan koordinasi dengan pemerintah provinsi dan berbagai pihak untuk menciptakan wadah di mana nelayan dan pelaku usaha perikanan dapat memenuhi kebutuhan mereka,” kata Darma.

Dharma menjelaskan, bahwa Gerai Pelayanan Dolpin ini tidak hanya melayani kebutuhan perizinan. Tetapi juga menjadi tempat di mana nelayan dan pelaku usaha perikanan dapat memperoleh bimbingan. Ia berharap gerai ini dapat mempermudah nelayan dalam menjalankan aktivitas mereka.

“Sudah kita mulai dengan membantu pengukuran kapal dan menerbitkan Pas Kecil sekitar 126 dari total sekitar 500 kapal di Tanggamus. Kedepan, diharapkan kita bisa menangani hingga 1500 kapal,” jelasnya.

Dharma juga mengungkapkan, bahwa hasil tangkapan nelayan pada tahun 2023 meningkat menjadi lebih dari 49.000 ton, naik dari 42.000 ton pada tahun sebelumnya. Ia berharap hasil tangkapan akan terus meningkat demi kesejahteraan nelayan.

Selain itu, program budidaya lobster di wilayah Pematang Sawa juga diharapkan dapat menjadi motivasi baru bagi para nelayan.

“Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan pelaku usaha perikanan,” tandasnya.

Pj Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan, mengapresiasi dukungan dari semua pihak terkait atas diluncurkannya Gerai Dolpin. Ia menekankan pentingnya menjaga lingkungan pelabuhan agar tetap bersih dan nyaman bagi nelayan dan pembeli.

“Dengan adanya gerai ini, nelayan dapat lebih mudah membuat surat-surat penting yang dibutuhkan. Ini merupakan satu-satunya gerai seperti ini di Lampung,” kata Mulyadi Irsan.

Peresmian ini turut dihadiri oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hendra Wijaya Mega, perwakilan Kepala Dinas Perikanan Provinsi, Camat Kota Agung Barat, Lurah Baros, Polairut, TNI Angkatan Laut, beberapa OPD terkait, dan para nelayan di Kabupaten Tanggamus. (Red/Hadi).

Comments (0)
Add Comment