PWI Pesawaran Dan PTPN VII Unit Way Berulu Jalin Sinergitas Dalam Membangun Pesawaran

Pesawaran (MIN-SMSI) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesawaran bersama PT. Perkebunan Nusantara PTPN VII Unit Way Berulu, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten setempat, jalin sinergitas dalam rangka mendukung pembangunan Bumi Andan Jejama, Sabtu (19/3/22).

Manager PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII Unit Wayberulu, Kabupaten Pesawaran, Sugeng Budi Prasongko mengatakan, saat ini pihaknya siap membangun sinergi bersama insan media di Bumi Andan Jejama. Sinergi itu antara lain dalam bentuk koordinasi dalam setiap agenda dan program kerja yang melibatkan masyarakat Pesawaran.

“Terimakasih atas kunjungan rekan-rekan pengurus PWI Kabupaten Pesawaran, dan kunjungan ini sebagai langkah yang baik guna membangun komunikasi bersama kami jajaran PTPN 7 Unit Way Berulu,” kata Sugeng saat menyambut rombongan PWI Pesawaran di komplek PTPN VII Unit Way Berulu.

” Luas perkebunan yang dikelola PTPN VII Unit Wayberulu ini mencapai 1.065 hektare lahan produktif, dengan luasan tersebut setidaknya telah menyerap sebanyak 298 pekerja yang mayoritas diambil dari warga Desa penyangga perkebunan, ” Sugeng menambahkan.

Selain itu juga, Sugeng memaparkan bahwa pertumbuhan produksi dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, tercatat pada tahun 2021 produksi karet rata-rata per hektar mencapai 2.400 kilogram. Selain itu, perkebunan plat merah tersebut juga masuk dalam sepuluh besar BUMN yang memberikan kontribusi besar dalam perekonomian di Indonesia.

“Keberhasilan PTPN VII Wayberulu juga tak lepas dari dukungan stakeholder serta masyarakat di Pesawaran, dengan dua belas Desa penyangga di sekitar areal perkebunan yang ada di dua Kecamatan Negerikaton dan Gedong Tataan,” imbuhnya.

Meskipun demikian, selama pandemi Covid 19, PTPN VII Unit Wayberulu tetap eksis untuk produksi, dengan dua pabrik pengolahan yang ada, dengan bisnis utama yakni pengolahan karet khususnya produk olahan RSS (Rihbed Smoked Sheet) dan SIR (Standard Indonesia Rubber).

Di tempat yang sama, Ketua PWI Kabupaten Pesawaran, M Ismail mengatakan kunjungan itu menjadi momentum yang tepat untuk menjalin komunikasi dan koordinasi terkait berbagai program khususnya yang berhubungan kemaslahatan masyarakat di wilayah setempat.

“Kita juga berkomitmen untuk mendukung program PTPN VII Wayberulu yang bermanfaat bagi masyarakat, selain itu juga turut menjaga stabilitas serta mendukung perekonomian masyarakat Pesawaran dengan penyerapan tenaga kerja di wilayah setempat,” ujarnya.

Ismail berharap, ke depan kehadiran perkebunan warisan Belanda tersebut lebih dapat memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan dan perekonomian masyarakat yang ada di Bumi Andan Jejama, serta sinergitas bersama perlu terus dilakukan utamanya dalam mendukung program pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan warga setempat. (Sur).

Comments (0)
Add Comment