Majelis Punyimbang Adat Lampung (MPAL) Kabupaten Pesawaran melakukan Anjau Silau

Pesawaran (MIN-SMSI) – Pengurus Majelis Punyimbang Adat Lampung (MPAL) Kabupaten Pesawaran melakukan Anjau Silau atau kunjungan di dua Kecamatan, dengan membawa Tiga Program Kerja, Senin (31/01/ 2022).

Tiga program yang dimaksud ialah yang pertama terkait penataan pengurusan MPAL tingkat Kecamatan, yang kedua mengimbau untuk menggunakan pakaian Adat Lampung di lingkungan kecamatan serta mensosialisasikan ketingkat desa, dan yang ketiga menganjurkan dilingkungan Kecamatan untuk berbahasa Lampung.

Ketua MPAL Kabupaten Pesawaran Farifki Zulkarnaen gelar Suntan Junjungan Marga mengatakan, hari ini pihaknya melakukan Anjau Silau di Kecamatan Marga Punduh dan Punduh Pedada untuk mensosialisasikan program kerja MPAL Kabupaten Pesawaran.

“Kami juga menekankan di dua Kecamatan tersebut untuk menjadi percontohan Kecamatan atau Desa Wisata Budaya. Karena dua Kecamatan itu notabenenya di Pesisir Pesawaran yang memang masih banyak wisata pantai dan juga banyak Adat budaya, seperti halnya rumah panggung dan lainnya,” kata dia.

“Dan kami juga menganjurkan bagi para pelaku usaha wisata di dua Kecamatan itu untuk menerapkan budaya kearifan lokal, seperti penerimaan tamu dengan menggunakan tari tradisional Lampung ataupun dengan arak-arakan,” timpalnya.

Dirinya mengatakan, dalam kunjungan Anjau Silau yang dilakukan jajaran MPAL Kabupaten Pesawaran tersebut, pihak Kecamatan sangat menyambut dengan baik.

“Pihak Kecamatan juga sangat mengapresiasi program kerja yang kita bawa, apa lagi yang program kerja ketiga yaitu berbahasa Lampung,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, untuk di Kecamatan Punduh Pedada juga sangat mendukung program kerja MPAL Kabupaten Pesawaran yang ingin menjunjung tinggi Adat Budaya Lampung.

“Bahkan pihak Kecamatan Punduh Pedada akan mengajak sektor pariwisata yang ada di Punduh Pedada agar bisa bersatu dengan adat, sehingga bisa menjadi daya tarik para wisatawan yang berkunjung ke wisata yang ada di Bumi Andan Jejama dan berkesan bagi mereka,” pungkasnya. (Suryan).

Comments (0)
Add Comment