Ini Ungkapan Bupati Pesawaran Saat Jadi Inspektur Upacara Penutupan Karya Bakti TNI Sekaligus Peresmian Jalan Lumbirejo

PESAWARAN – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona bersama Kodim 0421/Lamsel menggelar tasyakuran sekaligus peresmian pembangunan jalan di Desa Lumbirejo, Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran.

Kegiatan tersebut bersamaan dengan upacara penutupan Karya Bhakti TNI yang digelar di Lapangan Desa Lumbirejo, Selasa 10 September 2024.

Pada Karya Bhakti TNI 2024 ini, Kodim 0421/Lamsel bersama elemen masyarakat melakukan pembangunan jalan beton sepanjang 670 meter. Jalan ini sekaligus menjadi penghubung antara Dusun 1 dan Dusun 2 Desa Lumbirejo yang menjadi akses masyarakat sekitar dalam menjalankan mobilitas pertanian, kesehatan, dan juga pendidikan.

Bupati Pesawaran sekaligus selaku inspektur upacara Dendi Ramadhona mengatakan, bahwa program tersebut sejalan dengan visi yang hendak dicapai dalam tahapan pembangunan jangka panjang daerah Kabupaten Pesawaran, yakni menciptakan Pesawaran lebih maju dan sejahtera dengan masyarakat yang produktif.

“Visi tersebut sangat relevan dan sinergis, sebagai program terpadu antara Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran dan Kodim 0421/Lamsel guna mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah,” kata dia .

“Bukan hanya aspek non-fisik seperti pembinaan, keamanan, dan ketertiban masyarakat, namun TNI juga memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan fisik infrastruktur sebagai penunjang pembangunan daerah,” timpalnya.

Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Pesawaran, Bupati turut menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI, Kecamatan, Pemerintah Desa, hingga masyarakat yang telah berpartisipasi aktif menyumbangkan waktu, tenaga, dan pikirannya dalam mendukung kegiatan ini.

“Kegiatan ini telah banyak memberikan pelajaran berharga, betapa penting dan luar biasa semangat gotong royong membangun bangsa. Semua bahu membahu, memberikan sumbang pikiran, ide, gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan materi dan lain-lain demi kepentingan umum,” ujarnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0421/Lamsel Letkol Inf Esnan Haryadi menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya kepada seluruh personil TNI serta masyarakat yang telah bergotong royong dalam proses pembangunan jalan.

“Pembangunan jalan di Desa Lumbirejo sebagai proyek Karya Bhakti TNI tidak terlepas dari penilaian masyarakatnya yang kompak, rukun, dan guyub. Untuk itu, saya berharap agar masyarakat bisa merawat dan menjaga jalan agar tetap bisa digunakan dalam jangka panjang guna mempermudah mobilitas masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari,” kata dia.

“Kita patut berbangga karena suasana guyub seperti ini sudah kita temui lagi di kota-kota besar. Terima kasih kepada seluruh personel dan masyarakat yang sudah turut andil, semoga berguna untuk aktivitas masyarakat, silakan dirawat dan dijaga,” tambahnya.

Pembangunan jalan proyek Karya Bhakti TNI sebagai sarana pendukung pembangunan infrastruktur desa mengundang antusias dan tanggapan positif dari masyarakat.

Mewakili tokoh adat dan masyarakat, Kepala Desa Lumbirejo Ridho menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada jajaran TNI, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran serta seluruh pihak yang turut berkontribusi dalam mendukung pembangunan Desa.

“Jalan sepanjang 670 meter ini merupakan akses yang kerap dilalui warga untuk pergi berkebun serta bersekolah. Dengan pembangunan ini, mari kita memanfaatkan dengan bijak dan merawatnya untuk kemaslahatan bersama,” katanya.

“Sesuai dengan namanya, Jalan Nakula ini diambil dari tokoh pewayangan yang merupakan ksatria yang baik sebagai simbol masyarakat desa Lumbirejo agar menjadi orang-orang yang baik sesuai nama jalannya,” pungkasnya.

Usai melaksanakan upacara, Bupati didampingi Komandan Kodim 0421/Lamsel Letkol Inf Esnan Haryadi, beserta tamu undangan lainnya melakukan penandatanganan prasasti sekaligus pemotongan pita sebagai tanda peresmian jalan desa yang diberi nama Jalan Nakula.

Acara kemudian dilanjutkan dengan makan bersama seluruh masyarakat desa, aparatur desa, tokoh adat, serta para kepala dinas dan OPD terkait sebagai bentuk syukur atas diresmikannya pembangunan jalan. (Red).

Comments (0)
Add Comment