Hasil Rekap Tidak Sesuai, Caleg Nasdem Akan Laporkan PPK Negeri Katon ke Bawaslu Pesawaran

Mi-Net.com (Pesawaran) – Hasil Rekapitulasi Pleno Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Partai Politik NasDem daerah pemilihan (dapil) 2 Kecamatan Negerikaton Kabupaten Pesawaran ditengarai tidak sesuai dengan Rekap C Plano tingkat TPS.

Terkait hal ini Tim Pemenangan salah satu Caleg DPRD Kabupaten Pesawaran dari Partai NasDem nomor urut 1 Nur Weliyana berencana akan melaporkan ketidak sinkronan data hasil Rekapitualsi Pleno yang telah ditetapkan oleh PPK Kecamatan setempat.

Seperti yang dikatakan Heri Tim Pemenangan dari Caleg Nur Weliyana. Dirinya bersama tim akan melaporkan ketidak profesionalan PPK Kecamatan Negerikaton kepada Bawaslu Kabupaten Pesawaran.

” Ya besok (jum’at, 23/02/24) kami akan melaporkan ke Bawaslu atas dugaan ketidak sesuaian data hasil Rekapitulasi Pleno PPK dengan C Plano tingkat TPS yang ada pada kami. Bukti-bukti telah kami persiapkan semuanya,” Ketus Heri.

Ia mengungkapkan, dari hasil rekap C plano yang dihimpun timnya, ditemukan adanya kejanggalan yang berbuntut kelebihan dan pengurangan suara dimasing-masing Caleg Partai NasDem. 

“Kalo hasil Rekapitulasi Pleno PPK, suara Nur Wely diuntungkan dengan adanya penambahan suara dari yang sebenarnya, sementara Caleg lainnya ada yang dikurangi dan ditambah dari hasil C Plano. Tentunya ini menciderai demokrasi Pemilu Jurdil seperti yang diamanatkan undang-undang,” Pungkasnya.

Terpisah Ketua PPK Kecamatan Negerikaton, Suyanto mengatakan, tidak ada ditemukan perbedaan data C Plano dengan hasil rekapitulasi tingkat Kecamatan Negeri Katon yang telah di pleno.

Dimana rekapitulasi tersebut sudah final yang disaksikan dan disetujui oleh perwakilam masing-masing saksi partai politik (parpol).

“Kalau data di website Sirekap itu belum tentu sinkron dengan hasil manual (C Plano,red) dan setiap PPS juga memoto dan mengunggah dokumen C Plano melalui Sirekap mobile, dan PPK juga membuka web ini. Tentu hasil pleno tingkat kecamatan ini sudah sinkron antara data C Plano dengan data panwas dan saksi. Kalau tidak sinkron pasti saksi akan protes,” kata Suyanto.

Dilain pihak, Saksi Partai Nasdem Pesawaran Mukhtar mengatakan bahwa dirinya mewakili partai Nasdem Pesawaran menghadiri dan menyaksikan proses Rekapitulasi surat suara tingkat Kecamatan Negeri Katon. Dirinya juga sudah mencocokan data dari saksi dengan data dari C Plano, dan hasil nya data tersebut sinkron.

“Setelah saya cocokan dengan data yang saya bawa, tidak ada perbedaan antara hasil Rekapitulasi dengan data C Plano. Kaena itu, saya menyetujui dan menandatangani atas saksi parpol Nasdem,” ucap Mukhtar.

Sementara itu, Anggota PPK Negeri Katon Surono mengatakan, bahwa saat proses Rekapitulasi surat suara pemilu tingkat Kecamatan Negeri Katon, sempat terjadi jeda waktu, yang disebabkan satu saksi dari parpol Nasdem menyanggah hasil C Plano dengan data milik saksi.

“Kalau saksi Nasdem seringkali menyanggah saat rekapitulasi berlangsung. Dia menyanggah itu karena ketidak sinkronan data milik nya dengan data dari C Plano yang di tampilkan. Dan kalau dia mengaku data C plano itu sudah cocok dengan data yang di bawa dia sepertinya tidak, karena proses rekapitulasi sempat terjeda karena ketidak sinkronan data tersebut,” tutup Surono. (Red).

Comments (0)
Add Comment