Mardiana Musa Ahmad Buka Acara Penguatan Kapasitas Bunda Paud Se-Kabuputen Lamteng

Lampung Tengah (MIN) – Bunda Paud Kabupaten Lampung Tengah Mardiana Musa Ahmad membuka acara Penguatan Kapasitas Bunda Paud Kecamatan dan Kampung se-Kabuputen Lampung Tengah, diruang pertemuan Rumah Makan Moon Bee Bandar Jaya Timur Kabupaten setempat, Senin (29/11/2021).

Hadir dalam acara tersebut , Ketua Pokja Paud Yulita Nirlan, Wakil Ketua Pokja Paud Indiria Ardito Wijaya, Kadis PMK Fatul Aripin, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Yos Devera dan OPD terkait .

Dalam sambutannya Mardiana Musa Ahmad mengatakan masa emas merupakan masa anak mengenali berbagai macam fakta dilingkungan nya, untuk membantu perkembangan kepribadian, psikomotorik, kognitif dan sosialnya.

” Pembangunan anak usia dini yg menyeluruh, perlu dilakukan secara baik karena sangat menentukan perjalanan hidup anak di kemudian hari. Masa usia dini merupakan masa kritis tumbuh kembang anak yang merupakan perkembangan anak pada tahap selanjutnya, “ucapnya.

Lebih lanjut Mardiana mengatakan, Bunda Paud merupakan profesi sukarela yang dilandasi rasa cinta, kasih sayang, sehingga harus menjadi penggerak untuk mendorong segenap elemen masyarakat agar proaktif komunikatif dan tidak segan-segan berdiskusi tentang pelayanan anak usia dini dengan semua kelompok di Kecamatan dan Kampung masing-masing.

” Sebagai promotor masyarakat peran Bunda Paud sangat urgent dan sangat di butuhkan dalam menggerakkan semua pihak melalui kepedulian dan mendukung satuan Paud untuk melakukan upaya penguatan pembelajaran terutama dimasa pandemi covid 19, “ujarnya.

Di akhir sambutannya, Mardiana mengatakan agar Bunda Paud Kecamatan dan Kampung dapat bekerja secara optimal, dalam melaksanakan program-program yang telah di rencanakan, mengingat Pemerintah Daerah sangat membutuhkan dukungan semua pihak, termasuk Paud yang memiliki peran strategis dalam pengembangan sumber daya manusia.

Ditempat yang sama, Ketua Pokja Paud Yulita Nirlan dalam laporannya mengatakan Pendidikan Usia Dini memiliki peran strategis dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Lampung Tengah, sekaligus menjadi wadah untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak.

” Pengembangan anak usia dini Holistik Integratif adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis dan terintegrasi. Untuk dapat tumbuh kembang dengan baik anak membutuh gizi, kesehatan pengasuhan, dan pendidikan yang memerlukan pemenuhan secara holistik, integratif dan berkelanjutan, ” pungkas Yulita. (Regina).

Comments (0)
Add Comment