Walikota Bandar Lampung Hadiri Sidang Paripurna Pansus DPRD Bandar Lampung Terhadap Pemeriksaan BPK

BANDAR LAMPUNG — Sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kota Bandarlampung dalam rangka, penyampaian laporan pansus terhadap tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan BPK RI perwakilan Lampung atas laporan keuangan pemerintah Kota Bandar Lampung 2023, Senin (22/07/2024)

Rapat Paripurna tersebut dihadiri oleh pimpinan DPRD kota Bandarlampung, serta 31 anggota DPRD kota Bandarlampung dari semua Fraksi, tak hanya dihadiri oleh walikota Bandarlampung Hj. Eva Dwiana, Juga dihadiri Wakil Walikota Bandar Lampung Hi. Deddy Amarullah, Plh. Sekdakot, Assisten 1, Asisten 2, Asisten 3, dan juga dihadiri seluruh jajaran pemerintah kota Bandarlampung pimpinan pratama dan seluruh camat se kota Bandar Lampung.

Pimpinan rapat  Hi. Edison Hadjar mengatakan berdasarkan paripurna laporan pansus dan pengambilan keputusan terhadap tindak lanjut pemeriksaan BPK RI perwakilan Lampung mengenai laporan keuangan pemerintah kota Bandarlampung tahun 2023, atas rekomendasi badan musyawarah serta ketentuan tata tertib maka DPRD kota Bandarlampung telah membentuk panitia khusus untuk melakukan pembahasan dan pengawasan terhadap tindak lanjut BPK RI.

Panitia khusus yang di wakili juru bicaranya menyampaikan atas laporan keuangan pemerintah kota Bandarlampung 2023, (07/24). Ia mengatakan panitia khusus melakukan serangkaian kegiatan melalui tahapan-tahapan yaitu 1. Melakukan rapat-rapat internal khusus, 2. Melakukan rapat untuk menindaklanjuti hasil temuan BPK RI, 3. Melakukan kunjungan kerja ke kementerian dalam negeri dan DPRD KI Jakarta guna mendapatkan masukan bahan pembanding, pengawasan-pengawasan tindak lanjut atas laporan keuangan kota Bandarlampung, 4. Meminta dokumen-dokumen tindak lanjut yang telah sedang yang akan dilakukan oleh OPD terkait dalam rangka tindak lanjut BPK RI.

Pansus mengapresiasi pemerintah Kota Bandarlampung yang didukung kooperatif dalam proses pembahasan tindak lanjut BPK tersebut, inspektorat kota Bandarlampung mendampingi OPD terkait, telah menjelaskan dan menyampaikan kongres penyelesaian terhadap temuan-temuan tersebut.

Ia juga menyampaikan temuan-temuan tersebut terdiri dari 124 jenis temuan administratif dan temuan yang bersifat keuangan, jelasnya.

Tak hanya itu pansus juga mengatakan sampai dengan finalisasi pembahasan LKP DI seluruh jenis temuan yang yang bersifat administratif telah ditindaklanjuti sesuai rekomendasi BPK RI, serta untuk jenis temuan yang bersifat keuangan tetap dalam monitoring proses penyesuaian sesuai ketentuan yang berlaku dan ditindaklanjuti yang dibuktikan dengan surat tanda skor atau STS ke kas negara, paparnya.

Bahkan pansus juga menyampaikan pendapat akhir fraksi yang telah di sampaikan oleh masing-masing fraksi pada rapat finalisasi pembahasan tentang panitia khusus bersama inspektorat kota Bandarlampung, fraksi partai PDI, fraksi partai Gerindra, fraksi partai PKS, fraksi partai PAN, fraksi partai Golkar, fraksi partai Nasdem, fraksi partai Demokrat, fraksi partai PPB menerima dan menyetujui pengawasan tindakan lanjutan BPK RI atas laporan keuangan pemerintah kota Bandarlampung tahun 2023 untuk dibahas di tingkat selanjutnya, terangnya

Ia juga menambahkan rencana fraksi dan kongres tindakan tindak lanjut yang yang telah dilakukan oleh pemerintah kota Bandarlampung serta pendapat akhir fraksi Kota Bandarlampung panitia khusus DPRD Kota Bandarlampung merekomendasikan kepada pemerintah kota Bandarlampung sebagai berikut, 1. Memperbaiki kinerja perencanaan program bagi semua OPD di semua pemerintahan Kota Bandarlampung, 2. Melaksanakan program dengan baik transparan dan profesional agar seluruh pelaksanaan program dan kegiatan dapat berjalan optimal sesuai dengan ketentuan yang berlaku, 3. Memperhatikan dengan cermat perhitungan pembayaran kepada penyedia jasa agar pola kelebihan membayar tidak terus berulang. Tutupnya

Eva Dwianan walikota Bandar Lampung dalam pernyataannya mengatakan terimakasih kepada DPRD yang sudah mengesahkan perubahan ini, dan harapannya dengan perubahan ini dalam waktu singkat terutama untuk program bisa berjalan dengan lancar.

“terimakasih kepada DPRD yang sudah mengesahkan perubahan ini, dan harapan kita dengan perubahan ini dalam waktu singkat terutama untuk program bisa berjalan dengan lancar,” ungkapnya. (Kwt)

Comments (0)
Add Comment