Pelatihan Juru Sembelih Tubaba Segera Digelar. Ini Jadwal Dan Lokasinya

Mediainformasinetwork.com (Bandar Lampung) – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Juru Sembelih Halal (Juleha) Provinsi Lampung Saluddin menyampaikan, semua pemangku kepentingan berkomitmen, bersinergi serta berkolaborasi dalam menyediakan makanan yang Halalan Toyiban terutama daging dan olahannya.

Lanjut Saluddin, adanya DPD Juleha Kabupaten Tulang Bawang Barat, inshaa Allah upaya untuk menjamin daging dan olahan daging sembelihan di wilayah Kabupaten Tubaba semakin mudah terwujud.

“Dalam proses penyembelihan, peran Juleha sangat penting untuk memastikan penyembelihan hewan dilakukan sesuai dengan syariat Islam dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan daging yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal)”, tegas Saluddin pada media ini, Kamis, 5 September 2024.

Saluddin juga memaparkan 10 unit kompetensi sesuai dengan Peraturan Kemenaker RI No.147 tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Juru Sembelih Halal yang harus dikuasi oleh seorang Juleha.

Selanjutnya, kata Saluddin, seorang Juleha harus menguasai 10 unit kompetensi sesuai dengan Peraturan Kemenaker RI No. 147 tahun 2022 tentang SKKNI Juru Sembelih Halal.

” Pertama, menerapkan syariat Islam. Kedua, melakukan koordinasi pekerjaan. Kemudian ketiga, menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja. Keempat, menerapkan higiene dan sanitasi. Lalu, kelima menyiapkan peralatan penyembelihan, “paparnya.

Masih menurut Saluddin, keenam melakukan pemeriksaan fisik hewan. Dilanjutkan yang ketujuh, menetapkan kesiapan hewan untuk di sembelih.

“Sedangkan kedelapan menerapkan teknik penyembelihan hewan. Kesembilan, memeriksa kelayakan proses penyembelihan, dan yang terakhir yang kesepuluh, menetapkan status kematian hewan, ”pungkas Saluddin.

Disisi lain, Ketua DPD Juleha Kabupaten Tulang Bawang Barat Wiwid Didik Anggara mengatakan, keberadaan Juleha di Tubaba ini penting dan mendesak, boleh dibilang 100 persen urgent.

Pada kesempatan ini juga, ia menyampaikan target, maksud dan tujuan Pelatihan Juleha di Tubaba serta materi yang akan disampaikan pada acara ini.

” Target pelatihannya adalah para penyedia hewan potong sehingga bisa menyajikan hasil sembelihan yang baik dan halal, ” kata Wiwid yang buka praktek dokter bersama istrinya, Nansie Hayuningtias.

Tak hanya itu, ia juga menyampaikan maksud pelatihan untuk memberikan informasi pentingnya Juleha di Tubaba.

“Tujuannya agar lebih banyak orang atau peserta yang lebih faham cara sembelihan yang baik dan halal”, tutup Wiwid.

Diketahui, jadwal Pelantikan DPD Juleha Kabupaten Tulang Bawang Barat Masa Bhakti 2024-2026 dilanjutkan dengan Pelatihan Juru Sembelih Halal Berbasis Kompetensi akan diadakan pada hari Sabtu, 21 September 2024 di Pondok Modern Al-furqon Kelurahan Panaragan Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten setempat.

Adapun materi pelatihan, Fiqih Sembelih Halal oleh Ust. Maulana Isanin, Lc, M.A (Dewan Syari’ah DPW Juleha Provinsi Lampung). Peraturan Perundang-Undangan dan Standar Kompetensi Juru Sembelih Halal oleh Saluddin, S.H, M.Si (Ketua DPW Juleha Provinsi Lampung). Kesehatan dan Kesejahteraan Hewan oleh drh. Purnama Edy Santosa (Dosen Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Unila dan DPD Juleha Kota Bandar Lampung).

Kemudian, Teknik Asah Bilah oleh Slamet Riyadi (Ketua DPD Juleha Kabupaten Lampung Tengah). Tali Simpul Juleha oleh Syaret Efendi (Sekretaris DPD Juleha Kota Metro). Teknik Sembelih Halal dan Butcher oleh Indra Suprayogi (DPD Juleha Kota Metro). Praktek Penyembelihan Ayam oleh Nanot Maryono (DPD Juleha Kota Bandar Lampung) serta Praktek Penyembelihan Sapi.

Fasilitas yang didapat oleh para peserta,yaitu Sertifikat Juleha, Materi, Makan Siang, Coffee Break, Praktek Langsung (Potong Ayam & Sapi) serta Pengenalan Bilah. CP Whatsapp: 0821 1245 1064 (Wiwid) dan 0812 7912 327 (Zaenal).
Link Daftar: https://docs.google2.com/forms/d/e/1FAIpQLSdgyFHzdhLW4uoee-UjKepCbWywkvyBOBcJHjFYXp3gc7_Siw/viewform?vc=0&c=0&w=1&flr=0. (Sur).

Comments (0)
Add Comment