SDN 5 Gedong Tataan Pesawaran, Gelar Simulasi ANBK Bagi Siswa Kelas V

0 34

Pesawaran (MIN) – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah sistem ujian pengganti Ujian Nasional (UN) yang merupakan bagian dari Asesmen Nasional yang juga terdiri dari Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.

Simulasi Ujian ANBK dengan menggunakan komputer bagi siswa Sekolah Dasar (SD) di Pesawaran digelar, salah satunya di SD Negeri 5 Gedong Tataan Desa Sungai Langka Kecamatan Gedong Tataan, Kamis pagi (07/10).

Instruktur ANBK SD Negeri 5 Gedong Tataan Maizar Arniansyah, M.Pd mengatakan bahwa ANBK adalah merupakan bagian dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), yang mana ANBK merupakan pengganti dari Ujian Nasional (UN).

” ANBK nya itu nanti dilaksanakan di kelas enam (6), namun kelas enam itu nanti hanya ikut Ujian Sekolah (US). Dan untuk ANBK nya itu dilaksanakan di kelas lima (5). Jadi ketika kelas enam nanti siswa tidak ikut Ujian Nasional (UN) tapi ijut Ujian Sekolah (US) saja, ” ulasnya.

” ANBK ini tujuannya untuk melakukan pemetaan mutu sekolah, melalui survei lingkungan belajar, kemudian pesmitrasi dan survei karakter. Kalau UN merupakan penentu kelulusan siswa ditingkat akhir. Dan ANBK ini tidak ada keterkaitan dengan kelulusan siswa, akan tetapi menjadi dasar dalam perencanaan sekolah di tahun-tahun berikutnya, ” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Kepala Sekolah SD Negeri 05 Gedong Tataan Dra. Hj. Heriningsih menambahkan, bahwa sistem ANBK ditempatnya baru saja dimulai dan perangkatnya baru saja terpasang.

” Dengan sistem ANBK ini, diharapkan anak – anak bisa menggunakan perangkat IT dengan baik dan dapat mengoperasikan Komputer dengan baik dan benar yang kesemua perangkat ini di sediakan oleh pemerintah, ” pungkasnya. (Suryanto).

Leave A Reply

Your email address will not be published.