Pemkab Pesawaran Komitmen Berikan Peningkatan Kualitas SDM Melalui Program Pembangunan Pertanian

0 6

Pesawaran (MiN) – Pemerintah Kabupaten Pesawaran berkomitmen memberikan ruang yang lebih bagi peningkatan kualitas SDM pertanian melalui program pembangunan pertanian.

Demikian disampaikan Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona K, S.T., M.Tr.I.P. didampingi Penasehat Kelompok Wanita Tani (KWT) Kabupaten Pesawaran Hj. Nanda Indira Dendi, S.E.,M.M, saat menerima kunjungan kerja Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, S.E. dalam rangka Peningkatan Kualitas SDM Pertanian.

Bupati Dendi mengatakan program pembangunan pertanian tersebut antara lain berupa peningkatan kualitas penyuluh pertanian dan kapasitas petani melalui pelatihan dan bimtek, serta studi banding yang antara lain kita fasilitasi melalui kegiatan Pekan Nasional (PENAS) bagi KTNA.

Upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran sambung Bupati, tentunya tidak dapat berjalan dengan baik jika tidak mendapat dukungan dari berbagai pihak.

“Untuk itu, kami mohon dukungan dalam hal ini kepada Komisi IV DPR RI beserta Kementerian Pertanian agar pembangunan pertanian di Kabupaten Pesawaran dapat berjalan secara optimal, tidak semata pada bantuan yang bersifat fisik, akan tetapi fasilitasi bagi peningkatan kualitas SDM pertanian”, ungkap Bupati Dendi dalam sambutannya di Islamic Center Pesawaran pada Sabtu (03/06/2023).

Bupati Pesawaran mengucapkan terima kasih kepada Ketua Komisi IV DPR-RI dan Kementerian Pertanian RI yang kembali hadir memberikan dukungan dan perhatian terhadap pembangunan di Kabupaten Pesawaran khususnya pembangunan bidang pertanian.

Ia berharap dengan adanya kunjungan ini akan membawa manfaat luas bagi masyarakat khususnya bagi peningkatan kualitas SDM Pertanian yang ada di Kabupaten Pesawaran dan kedepannya dapat saling berkolaborasi dan berkontribusi secara penuh dan sungguh-sungguh dalam upaya pembangunan pertanian di Bumi Andan Jejama.

Lebih lanjut ia menyampaikan acara pada hari ini digelar dengan tema “Dengan Hari Lahirnya Pancasila kita Bangkitkan SDM Pertanian Menuju Pertanian yang Mandiri dan Berkelanjutan”.

Menurutnya tema ini diambil tidak sekedar bentuk perayaan terhadap Lahirnya Pancasila, akan tetapi merupakan bentuk perwujudan dari Pancasila itu sendiri. Pancasila tidak hanya sebuah ideologi, namun juga merupakan cita-cita bangsa untuk mewujudkan negara yang sejahtera dengan kedaulatan yang dimilki oleh warga negaranya, termasuk didalamnya kedaulatan di bidang Pertanian.

“Mari kita jadikan momentum Hari Lahirnya Pancasila ini sebagai perwujudan peran pembangunan pertanian dalam menjaga nilai-nilai Pancasila sebagai sendi-sendi kehidupan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, S.E. mengatakan merasa terhormat dan bangga didaulat menjadi Bapak Penyuluh untuk para penyuluh tani dan petani di Kabupaten Pesawaran.

Ia juga mengatakan akan terus memperjuangkan kesejahteraan para penyuluh dengan meminta pemberian insentif lebih kepada para penyuluh agar dapat memberikan data hasil di lapangan dengan maksimal.

“Saya menyampaikan bahwasanya komisi IV DPR RI memberikan bantuan rehab embung berupa geomembran agar air dari embung tidak masuk ke tanah. Kementerian Pertanian sedang menggenjot produksi kedelai salah satunya dengan mencanangkan program bahwasanya petani yang menanam kedelai diberikan bibit dan pupuk secara gratis karena selama ini Indonesia masih impor kedelai setiap tahunnya sebanyak 2,5 juta ton kedelai,” ucap Sudin.

Dirinya memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian dan kegigihan tidak kenal lelah para penyuluh di Kabupaten Pesawaran.

Dirjen PSP Kementan, Ali Jamil mengutarakan bahwa Kabupaten Pesawaran dapat menyampaikan program – program yang dibutuhkan langsung ke Kepala Dirjen atau Badan terkait.

Ia juga menyampaikan dengan adanya para penyuluh paling tidak dapat merubah mindset petani dan membawa pertanian kita kedepannya menjadi lebih baik.

Kegiatan ditandai dengan penyerahan bantuan kepada insan tani Kabupaten Pesawaran. Diantaranya, KUR, Pompa Air, Motor roda tiga dll.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota DPRD Kabupaten Pesawaran, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Para Pejabat Struktural di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesawaran, Para Camat di lingkup Pemkab Pesawaran, Para Penyuluh pertanian, Kelompok tani, Kelompok Wanita Tani. (Sur).

Leave A Reply

Your email address will not be published.